Pages

Monday, January 20, 2014

Ingin Jual Mobil Bekas ? Bersihkan Interiornya Dulu

Ingin Jual Mobil Bekas Anda ? kebersihan interior mobil bisa menjadi salah satu poin yang akan mempengaruhi harga jual kembali mobil Anda. Kebersihan interior terkadang luput dari perhatian padahal jika hal ini dibiarkan akan menimbulkan bau yang kurang sedap pada kabin mobil. yang tentunya hal ini akan mempengaruhi persepsi calon pembeli tentang bagaimana cara Anda merawat mobil yang hendak di jual.

Ingin Jual Mobil Bekas ?
Ingin Jual Mobil Bekas ?
Terdapat 5 bagian interior mobil yang sebaiknya menjadi perhatian Anda ketika hendak jual mobil bekas, yaitu bagian dasbor, jok kursi, karpet, lantai mobil, dan kaca jendela mobil. Material serta Bentuk kontur dari interior ini mengharuskan para pemiliknya untuk memberikan perawatan secara khusus, salah satunya adalah dengan membersihkan secara rutin.

Berikut ini adalah Tips penting yang akan membantu Anda membersihkan 5 bagian interior mobil sebelum Anda memasang iklan mobil untuk dijual :

1. Dasbor

Bagian dasbor perlu dibersihkan dengan penuh kesabaran. Bagian ini sebenarnya cukup mudah dibersihkan. Namun justru karena mudah, proses pembersihan terkadang dilakukan sekenanya. Padahal, usapan lap yang cuma sekali dan dilakukan dengan cepat akan membuat kotoran-kotoran kecil luput. Untuk itu, gunakan kain kecil dan lap bagianini secara perlahan hingga ke sudut-sudut yang tidak terlihat, misalnya bagian sudut-sudut tachometer. Hasilnya akan lebih baik jika Anda menggunakan pembersih khusus(spray) yang mengandung cairan jeruk nipis. Selain menyuguhkan aroma yang wangi, cairan tersebut dapat menghilangkan bau amis.

2. Kaca jendela

Untuk membersihkan kaca jendela, sangat sesederhana sekali. Menggunakan koran bekas pun bisa. Kenapa bisa? Material dari koran itu disinyalir mampu mengangkat debu dengan baik. Namun hal itu perlu dilakukan berkali-kali agar membeli hasil yang sempurna. Lakukan proses pembersihan setelah mencuci bagian luar mobil. Bersihkan bagian dalam dan luar kaca. Caranya, basahi koran, kemudian usap semua bagian kaca secara merata, baik bagian sisi dalam maupun sisi luar. Setelah itu, keringkan kembali dengan koran baru (jangan yang sudah digunakan). Lakukan proses itu hingga kaca benar-benar kering.

3. Lantai mobil

Bersihkan bagian lantai mobil dengan sikat yang lumayan keras. Sikat tersebut sangat berguna untuk membersihkan kerikil, sisa-sisa pasir, ataupun bekas tanah yang sudah mengering. Jangan gunakan air. Bagian ini akan menjadi lembab dan sulit dikeringkan jika terkena air. Setelah disikat, gunakan vakum untuk mengangkat debu dan kotoran-kotoran yang belum bisa terangkat oleh sikat tadi. Jika Anda punya banyak waktu, akan lebih baik jika kursi-kursi dilepas. Ini akan memudahkan proses pembersihan dan memberi hasil yang lebih sempurna.

4. Karpet

Karpet mobil juga perlu dicuci. Prosesnya cukup mudah, tinggal sikat dengan sabun, kemudian bilas, dan keringkan. Namun, yang perlu diperhatikan adalah ketika Anda mengangkatnya pada saat karpet tersebut penuh kotoran bekas tanah dan berair. Usahakan agar kotoran itu tidak menumpahi lantai.

5. Jok Kulit

Yang terakhir dan yang juga lumayan penting adalah merawat bagian jok kursi. Jok yang berbahan kulit misalnya, perlu perhatian khusus. Untuk membersihkan jok kulit, diperlukan sabun moisturizing dan kain berbahan kaus. Langkah-langkahnya, adalah mengusap seluruh permukaan jok dengan kain basah. Selanjutnya, sabuni, setelah itukeringkan. Perlu diperhatikan, jangan pernah menggosok jok dengan sikat kasar, karena hal itu bisa merusak permukaan kulit kursi. Mudah bukan? Nah, lakukan dengan sabar dan telaten, semoga mobil Anda cepat laku.