Pages

Wednesday, January 1, 2014

Merawat keyboard

Merawat Keyboard - Setelah membeli Keyboard, tentunya Anda membutuhkan perawatan intens, untuk menjaga alat musik tersebut tetap optimal digunakan setiap waktu. Keyboard memang lebih sederhana dan lebih mudah digunakan dibanding piano. Namun bukan bearti perawatannya pun mudah. Untuk menjaga kestabilan keyboard and juga perlu memperhatikan beberapa hal.

Merawat Keyboard
Pertama jangan menekan tombol keyboard terlalu keras. Menekan tombol terlalu keras dapat membuat kerusakan pada kenob. Jika kenob sudah rusak maka nada yang dihasilkan biasanya kurang bagus. Jagalah kenob sama seperti anda menjaga piano.

Kedua, jagalah agar keyboard anda tidak mengalami benturan dengan benda keras. Sebab elemen keyboard cenderung rapuh. Hantaman benda-benda keras juga berpotensi merusak bagian dalam keyboard yang berpengaruh pada bunyi yang dihasilkan. Tidak hanya itu gesekan benda keras juga bisa membuat noda di permukaan keyboard.

Anda tentu tidak menginginkan keyboard kesayangan lecet ataupun rusak bukan? Karena itu tempatkanlah keyboard di area aman. Jika perlu buatlah ruang musik. Perawatan yang ketiga adalah hindarkan dari tetesan air. Jika tidak ingin tetesan air merusak warna ataupun bagian luar keyboard. Sebaiknya lindungilah keyboard dengan penutup. Bisa dari bahan kain maupun plastik.

Jika tidak dipakai dalam jangka lama. Sebaiknya biarkan keyboard tetap dibungkusnya. Bila anda beli keyboard tidak menggunakan pelindung, usahakan jangan merokok. Asap maupun sisa rokok dapat meninggalkan bekas di bagian luar keyboard.

Perawatan yang terakhir adalah gunakan stabilizer. Hal ini berfungsi untuk menjaga tegangan listrik. Jika sewaktu-waktu anda kehilangan daya listrik, maka tengangan tidak akan berubah.