Pages

Wednesday, January 1, 2014

Harga Jual Mobil Bekas Tenaga Listrik Bakal Anjlok

Harga Jual Mobil Bekas Tenaga Listrik Bakal Anjlok - Saat ini mobil listrik memiliki keuntungan lebih hemat BBM dibandingkan dengan mobil yang menggunakan mesin konvensional. Namun data mengejutkan datang dengan mengatakan memiliki mobil listrik belum tentu lebih menguntungkan dimasa depan.

Pernyataan ini hadir setelah penelitian terbaru Kelley Blue Book's analysis di Amerika mengatakan, tabungan setiap pemilik mobil listrik akan sama saja dengan pemilik mobil dengan mesin konvensional. Seperti dilansir leftlanenews, Jumat (27/12/2013).

Bahkan penelitian yang melibatkan sejumlah mobil listrik seperti Chevrolet Spark EV, Ford Fouc Electric, Nissan Leaf. Mengatakan setiap harga jual kembali mobil listrik akan mengalami kerugian.

Untuk Chevrolet Spark EV, penelitian kali ini mengatakan boleh jadi harga yang ditawarkan Spark EV hybrid lebih bersahabat di Amerika mencapai US$ 28.305. Namun hal ini tidak membuat Spark EV lebih baik dalam jangka panjang.

Karena Spark diperkirakan hanya bisa menjual kembali sekitar 28 persen, dan mesin konvensional masih memiliki harga yang lebih baik mencapai 40 persen.

Sedangkan untuk Ford Focus Electric, proposisi nilai dimasa depan bisa menjadi lebih buruk lagi. Dengan menggunakan tenaga baterai baterai diperkirakan hanya memiliki nilai jual sebesar 20 persen 5 tahun kedepan dari harga yang ditawarkan saat ini mencapai US$ 35.995.

Dan untuk Ford Focus Titanium diprediksi hanya mempertahankan sekitar 36 persen dari harga pembelian saat ini.

Begitu juga dengan Nissan Leaf, mobil yang paling populer saat ini dinilai hanya bisa mempertahankan harga jual mobil bekas mereka sebesar 15 persen

"Untuk kendaraan yang murni menggunakan tenaga listrik, akan lebih lama untuk bisa dijual kembali," kata director of residual consulting for Kelley Blue Book, Eric Ibara.

Dan sebagai penutup, untuk Fiat 500e dan Smart Fortwo electric, dinilai bakal lebih buruk memiliki harga jual kembalinya.