Pages

Monday, January 20, 2014

Manfaat Belajar Musik Untuk Si Buah Hati

Musik merupakan bahasa universal yang mudah untuk dinikmati oleh semua usia, mulai dari anak – anak hingga dewasa. Akan tetapi sayangnya tidak semua penyuka musik memiliki kemampuan untuk memainkan alat musik. Padahal ada banyak sekali manfaat positif yang bisa diperoleh jika bisa memainkan alat musik Agar bisa memainkan alat musik salah satu cara yang bisa ditempuh adalah dengan belajar musik di sekolah musik.

Ada banyak sekali pilihan kursus yang bisa dipilih tergantung minat dan bakat buah hati Anda. Berikut ini adalah beberapa manfaat belajar musik untuk si buah hati:

1. Meningkatkan kemampuan otak dan daya ingat

Para peneliti telah banyak yang membuktikan bahwa dengan belajar musik dapat meningkatkan kemampuan otak dan daya ingat, salah satunya adalah seorang ahli musik anak –anak, yang bernama Meredith LeVande. Dari hasil penelitiannya terbukti bahwa musik memiliki kemampuan untuk menstimulasi bagian otak yang berhubungan dengan kemampuan seorang anak dalam membaca, matematika dan perkembangan emosi. Selain itu juga ditemukan bahwa anak – anak yang belajar musik mempunyai pencapaian nilai akademik yang tinggi. Sedangkan Eduardo Marturet seorang maestro, composer dan direktur musik dari Miami Symphony Orchestra mengatakan bahwa kursus musik bisa meningkatkan ingatan dan kemampuan belajar anak karena perkembangan otaknya terangsang oleh pola – pola yang berbeda.

2. Meningkatkan Rasa Percaya Diri dan kemampuan bersosialisasi

Dengan belaja musik, anak – anak bisa mengembangkan kemampuan dirinya dan merasa semakin percaya diri Marturet, pengelola program MISO Young Artist, Florida Selatan megnatakan bahwa secara sosial, anak-anak yang terlibat dalam grup musik belajar kemampuan penting dalam kehidupan seperti bagaimana berempati dengan orang lain, bagaimana bekerja sama dalam tim, dan menghargai orang lain.

3. Meningkatkan Kesabaran dan Menciptakan Kreatifitas

Tanpa disadari menunggu giliran dan mencari saat yang tepat untuk masuk ke dalam sebuah lagu yang dimainkan merupakan salah satu cara untuk meningkatkan kesabaran, setelah itu mereka akan mulai bermain dan mulai berekspresi dengan kreatifitas masing – masing.

4. Mengajarkan Rasa Disiplin dan Rajin Belajar

Agar bisa tercipta alunan musik yang enak untuk didengarkan , para pemain harus memiliki sikap yang disiplin. Apabila hal ini diabaikan maka masing – masing suara musik yang dimainkan akan lari dari ritme yang telah ditentukan. Dari sinilah anak –anak akan terus belajar mengasah kemampuan bermusik baik secara individu maupun dalam grup. Proses belajar inilah yang mengajarkan anak untuk disiplin dan terus belajar.