Pages

Monday, January 6, 2014

Tips Dan Teknik Dalam Bermain Keyboard Tunggal

Jika anda adalah seorang pemula dalam dunia keyboard, mungkin anda tidak akan menemukan partner yang bisa diajak mengeksplorasi lagu dengan instrumen musik lainnya. Karena itu bermain keyboard tunggal menjadi satu-satunya cara untuk anda belajar mengembangkan diri. Berikut beberapa tips yang bisa anda gunakan saat bermain keyboard tunggal

1) Memahami simbol jari tangan kanan dan notasi pada keyboard untuk bisa memainkan melodi lagu dengan baik menggunakan tangan kanan.
2) Memahami simbol jari tangan kiri dan agram chord
3) Untuk pemula, ada baiknya mencoba memainkan lagu sederhana saja, yg iringan musiknya hanya memerlukan 2 atau 3 chord.
4) Berlatihlah secara bertahap. Mainkan dulu melodi lagu dengan tangan kanan tanpa iringan. Jika sudah lancar, cobalah memainkan melodi (tangan kanan) dan chord iringan (tangan kiri) sekaligus.
5) Jika perlu koleksi lah lagu-lagu yang ditulis dengan notasi angka.
6) Anda juga bisa mencoba memainkan lagu-lagu yang ditulis untuk alat musik lain, seperti gitar. Jika berhasil, itu artinya anda juga bisa memainkan lagu yang hanya ditulis syairnya beserta chord iringannya.
7) Jangan menulis notasi angka dengan angka yang ada pada tuts keyboard, karena notasi tersebut hanya berlaku untuk tangga nada dasar do = C (hanya bisa bermain di C).
8) Untuk mengiringi orang bernyanyi, tangan kiri tetap memainkan chord, sedangkan tangan kanan mencipta melodi (improvisasi).

Setelah anda beli keyboard, coba praktikanlah tips diatas dan berlatihlah dengan tekun. Karena hanya ketekunanlah yang bisa mengantarkan anda pada keberhasilan.