Pages

Monday, February 24, 2014

Cara Mengetahui Busur Biola Yang Bagus

Cara Mengetahui Busur Biola Yang Bagus - Apakah Anda adalah seorang siswa sekolah musik dan tengah berencana untuk mengganti busur biola Anda ? sebagai seorang pemain biola memiliki busur yang bagus tentu sangat penting karena akan mempengaruhi tingkat kenyamanan dalam bermain. Yang menjadi pertanyaan adalah busur biola seperti apakah yang memiliki kualitas yang bagus ? Apakah busur biola dengan harga mahal adalah jaminan tingginya kualitas barang tersebut.

Tips berikut ini akan membantu Anda untuk mengetahui apakah busur biola tersebut memiliki kualitas yang bagus ataukah tidak :
  • Material Stick Bow – busur biola atau stick bow yang bagus terbuat dari kayu pernambuco yang merupakan kayu asal Brasil. Hampir seluruh violinist bownya terbuat dari kayu ini. Akan tetapi pada saat ini sudah banyak beredar dipasaran bow yang terbuat dari fiberglass yang memiliki kelenturan hampir sama dengan kayu pernambuco.
  • Material Hairbow – bahan pembuat rambut busur atau hairbow juga sangat penting karena bagian inilah yang memiliki kontak langsung dengan senar biola. Hairbow biola yang bagus adalah yang terbuat asli dari rambut kuda putih.
  • Bentuk Busur Biola – pada umumnya ada dua macam busur biola yaitu berbentuk bundar dan oktagonal. Beberapa orang memiliki anggapan bahwa bentuk bow heksagonal tersebut lebih bagus dan kuat dan bow berbentuk bundar, sebenarnya bentuk busur biola tidak terlalu penting, yang terpenting adalah bahan pembuatnya dan sesuaikan dengan tingkat kenyamanan Anda.
  • Keseimbangan memegang peranan sangat penting, berat frog dengan ujung biola harus seimbang, jika frog terlalu berat maka busur biola akan sulit untuk dikontrol dan gesekan pada bagian ujung akan terasa kaku, sedangkan jika pada bagian depan terlalu ringan bisa menyebabkan pemain biola harus mengeluarkan tenaga extra untuk menggesek busur biola bagian ujung.
  • Kekuatan dan Kelenturan sangat dibutuhkan untuk membuat busur biola nyaman uantuk di gunakan, dan mampu meghasilkan nada yang baik. Busur biola yang kuat bisa membuat nada yang powerful dan jelas. Busur juga harus lentur agar nada yang dihasilkan tidak terdengar kaku dan kasar. Untuk mengetahui sebarapa kuat busur biola bisa diketahui dengan cara mengechek dari susah ataukah tidaknya dalam memutar screw di pangkal biola , jika screw bisa dengan mudah diputar atau ringan maka mengindikasikan bahwa busur biola tersebut tidak terllau kuat. Selain itu juga bisa dipastikan dengan menekan hairbow yang telah dikencangkan dengan penuh ke senar biola. Jika saat ditekan hairbow tersebut menyentuh stick biola, maka kekuatan dan kelenturan kayu masih belum cukup kuat.