Pages

Tuesday, February 11, 2014

Jenis Musik Yang Diajarkan Di Sekolah Musik

Tidak bisa dipungkiri lagi bahwa musik memberikan banyak manfaat pada perkembangan otak, yaitu untuk menyeimbangkan perkembangan otak kanan dan kiri. Untuk mengasah bakat ketrampilan anak dalam bermusik, Anda sebagai orang tua bisa menggunakan jasa seorang ahli , baik itu secara privat ataupun di sekolah musik.

Secara garis besar terdapat dua jenis musik yang diajarkan di sekolah musik yaitu jenis musik Klasik dan non klasik, berikut uraiannya :

Jenis Musik Klasik

Jenis musik klasik dipercaya mampu memberikan fundamental yang baik yang dibutuhkan oleh anak sebelum ia belajar jenis musik yang lain. Disini anak akan belajar untuk memainkan instrumen musik Eropa dari Wolfgang Mozart, Sebastian Bach hingga Frederick Chopin dan masih banyak lagi.

Jenis Musik Non klasik

Yang termasuk dalam jenis musik nonklasik yang diajarkan di sekolah musik antara lain adalah musik rock , pop, jazz serta blues. Khusus untuk kategori musik jazz, jenis musik ini membutuhkan kemampuan untuk improvisasi dan penguasaan terhadap teori harmoni, jadi untuk jenis musik jazz tidak disarankan bagi pemula. sedangkan, untuk jenis musik rock ,pop, dan blues biasanya wajib untuk dibawakan dalam format band.

Akan tetapi hal ini bukan berarti bahwa Sekolah Musik tidak menerima siswa pemula untuk belajar jenis musik tersebut. Pada awalnya anak Anda akan diajarkan tentang dasar –dasar musik, baru setelah 2 sampai 3 tahun, Ia akan mulai diperkenalkan kepada jenis musik yang lebih spesifik.