Pages

Monday, February 24, 2014

Belajar Teknik Picking Pada Gitar

Belajar Teknik Picking Pada Gitar - Di dalam teknik dasar permainan gitar dikenal istilah Picking, yaitu teknik memetik senar gitar secara satu persatu, penggunaan teknik picking secara tepat sangat mempengaruhi kebersihan dan kecepatan tempo permainan.

Bagi seoang gitaris pemula terutama yang belajar secara otodidak seringkali menggunakan ibu jari pada saat memainkan melodi, hal ini sebenarnya kurang tepat karena akan cenderung melakukan kesalahan dalam petikan senar dan akan mengalami kesulitan pada saat tempo melodi semakin cepat.

Teknik Picking merupakan salah satu teknik dasar yang diajarkan di sekolah musik, dengan belajar gitar di sekolah musik kemampuan memainkan alat musik ini akan lebih cepat diperoleh karena diajar oleh orang yang memang sudah ahli pada bidangnya, dan tahu cara yang benar dan efektif untuk menguasai teknik permainan.

secara sekilas teknik ini hampir mirip dengan teknik strumming akan tetapi yang membedakan keduanya adalah pada jumlah senar yang dipetik. Pada teknik picking jumlah senar gitar yang dipetik adalah satu akan tetapi pada teknik strumming senar yang dipetik berjumlah banyak atau dipetik secara keseluruhan. Pada umumnya teknik picking terdiri atas upstroke, downstroke, alternate picking, sweepicking dan tremolo picking.