Pages

Saturday, February 8, 2014

Evelyn Pianis Muda Berbakat Indonesia

Nama Evelyn Zainal Abidin mungkin kurang begitu dikenal di Indonesia akan tetapi namanya sangat dikenal di luar negeri seperti di Belanda, Amerika, Singapura dan Malaysia melalui berbagai ajang musik international. Gadis manis kelahiran 18 Maret 1999 tersebut tidak dengan begitu saja memiliki kemampuan bermain piano, ia harus berjuang keras mengasah ketrampilannya bermain alat musik piano melalui pelatihan di sekolah musik.

Pada saat teman – teman sebayanya asyik hang-out ke kafe – kafe atau menonton konser musik idola, ia justru disibukkan dengan belajar musik piano, memainkan lagu – lagu klasik kesukaannya yang tidak semua orang mampu mencernanya. Ketertarikan Evelyn pada alat musik piano serta lagu klasik sudah terlihat sejak evelyn berusia empat tahun. Beruntung orang tua Evelyn melihat hal tersebut dan memasukkan Evelyn ke sekolah musik untuk mengasah kemampuan dan bakatnya dalam bermain musik.

Berbagai penghargaan nasional maupun internasional yang pernah Evelyn terima antara lain:
  • Pada tahun 2008, Ia meraih juara pertama untuk kategori Biola Grade 3, di Ajang Malaysian Youth Music Festival.
  • Pada tahun 2008, meraih medali perak di ajang Singapore Performance yang diselenggarakan oleh Asosiasi Pengejar Musik Singapore ( SMT )
  • Pada tahun 2009, lulus Grade 5 ABR SM dengan hasil sangat memuaskan
  • Pada tahun 2009, meraih medali emas dalam kategori piano dan medali perak dalam kategori biola dalam ajang Singapore Performance.
  • Meraih juara pertama dalam ajang American Protege International Piano dan String
  • Pada tahun 2009, ia memulai resital solo pertamanya dengan memainkan piano dan biola di kapal layar Sea Safari Cruise.
Inilah yang mengantar evelyn menerima penghargaan dari Museum Rekor Indonesia (MURI) sebagai pianis termuda yang melakukan pertunjukan resital piano tunggal Memenangkan berbagai ajang musik internasional tidak lantas membuat nama Evelyn dikenal di Indonesia. "Musik klasik mungkin penggemarnya sedikit di sini (Indonesia) tapi aku tetap akan memperkenalkan musik klasik kepada masyarakat Indonesia," ujarnya dengan rasa penuh percaya diri. Pada saat ini, untuk menambah ketrampilan bermain musiknya, Evelyn mengikuti kelas master bersama beberapa pianis ternama baik dari dalam maupun luar negeri.