Pages

Tuesday, February 11, 2014

Tips Merawat Alat Musik Keyboard

Memiliki alat musik keyboard merupakan modal awal bagi Anda yang ingin belajar musik keyboard secara serius, baik itu dengan belajar secara otodidak maupun belajar di sekolah musik. Harga alat musik ini tidak bisa dibilang murah semakin lengkap fitur yang dimiliki maka semakin mahal harganya.

Oleh karena itu perawatan yang baik perlu dilakukan untuk menjaga agar alat musik ini tetap awet dan dapat dipergunakan dalam jangka panjang. Berikut ini tips merawat alat musik keyboard :

• Gunakan stabilizer. Sebelum menyambungkan alat musik keyboard Anda pada stop kontak, sebaiknya Anda gunakan stabilizer terlebih dahulu, hal ini untuk menjaga agar tegangan listrik yang mengalir ke keyboard tetap stabil.

• Hindari merokok disekitar keyboard. Abu rokok yang masuk ke sela – sela tuts sangat berpotensi merusak komponen keyboard, oleh karena itu sebaiknya hindari merokok selama Anda memainkan alat musik keyboard.

• Jaga keyboard dari tetesan air. Hindari untuk meletakkan barang – barang terutama zat cair seperti minuman diatas tuts keyboard, karena jika tumpah dan masuk kedalam mesin keyboard akan berpotensi menimbulkan konslet dan kerusakan pada keyboard tak bisa dihindari. Oleh karena itu penting untuk menutup seluruh body keyboard dengan plastik pada saat keyboard tidak dimainkan, hal ini untuk menjaga kebersihan dan menghindarkan dari hal – hal yang tidak diinginkan.

• Jaga keyboard dari benturan. Usahakan untuk menghindarkan alat musik keyboard Anda dari benturan, hal ini agar body keyboard tidak lecet dan menghindari adanya komponen bagian dalam yang terlepas.

• Lakukan servis secara berkala ditempat service resmi untuk menjaga agar kondisi keyboard selalu dalam keadaan baik, dan kerusakan kecil yang terjadi pada keyboard bisa terdeteksi lebih dini untuk menghindari kerusakan lebih parah.

• Selalu simpan keyboard ditempat yang sejuk.