Pages

Saturday, February 8, 2014

Perjalanan Yamaha Musik Indonesia

Yamaha Musik Indonesia merupakan perusahaan yang menjadi distributor untuk penjualan alat musik di wilayah Indonesia dengan merek dagang Yamaha. Alat musik yang diperdagangkan tersebut yaitu, keyboard, piano, gitar elektrik dan gitar akustik, drum elektrik dan drum akustik, berbagai alat musik tiup, profesional audio merek Yamaha, Syntheziser termasuk didalamnya ada pianika, suling dan sebagainya.

Merek dagang Yamaha diambil sesuai dengan nama pendirinya yaitu Torakusu Yamaha, melebarkan sayapnya ke Indonesia sebagai distributor alat musik dengan merek Yamaha, yang mengimpor dan menjual alat musik Yamaha dengan mendistribusikannya melalui dealer.

Produk Yamaha dikenal karena memiliki kualitas yang baik, ada beberapa produk alat musik yang menjadi favorit dan selama beberapa dekade mampu meraup angka penjualan tertinggi, yaitu alat musik Gitar, selain itu Piano juga menjadi salah satu alat musik terlaris karena banyaknya penggemar musik klasik di Indonesia, seringnya diadakan event piano concert oleh Yamaha juga mempengaruhi tingkat penjualan, karena banyak para orang tua yang berharap agar anaknya bisa menjadi seorang pianis terkenal.

Pada awal berdirinya, Yamaha Musik Indonesia cukup kesulitan menjual alat musik karena tingginya tingkat persaingan dengan pengusaha alat musik lokal ditambah dengan harga jual alat musik Yamaha yang tidak bisa dikatakan murah. Akan tetapi dengan berpegang teguh pada filosofi perusahaan yang berorientasi pada kepuasan pelanggan, dengan tetap menjaga kualitas produk dan service after sales yang baik sehingga akhirnya mereka bisa merebut pasar alat musik di Indonesia.

Pada tahap berikutnya, dalam rangka meningkatkan minat generasi muda pada musik sekaligus meningkatkan penjualan, Pt . Yamaha Indonesia mendirikan Yayasan Musik Indonesia ( YMI ). YMI menyelengarakan beragam kursus musik dengan menerapkan sistem pendidikan musik Yamaha. YMI memiliki sekolah musik sub lisensi lebih dari 108 lokasi yang tersebar di seluruh Indonesia.

Dengan berdirinya Yamaha Musik Indonesia, maka penjualan produk alat musik Yamaha makin meningkat. Dengan kata lain siapapun yang ingin belajar musik di Yayasan musik Indonesia secara tidak langsung akan menggunakan produk alat musik dengan merek Yamaha, dari sinilah maka angka penjualan produk alat musik Yamaha secara tidak langsung juga meningkat.

Kiprah PT. Yamaha Musik Indonesia selain sebagai distributor alat musik Yamaha juga ikut berperan penting dalam perkembangan musik di Indonesia, hal ini ditandai dengan seringnya digelar berbagai event musik seperti Guitar & Bass competition, Electone festival, piano competition dan festival drum. Selain itu juga ada gelaran event kelas internasional yang diadakan secara rutin setiap tahun yaitu, Band explosion, Light Music Contest, Musik Quest hingga Asian Beat.