Pages

Sunday, February 16, 2014

New Wave

New Wave atau yang biasa disebut dengan musik gelombang baru, merupakan istilah umum yang digunakan pada akhir 1970-an sampai pertengahan 1980-an untuk menyebut gaya pop atau rock yang mengambil unsur musik punk rock. Awalnya genre musik ini masih diidentifikasikan sebagai bagian dari rock. Namun setelah memasukkan beberapa eksperimen seperti menggunakan musik disko dan pop, lahirlah subgenre baru yang dinamakan new romantik dan gothic rock.

New Wave dipandang sebagai salah satu genre definitif, dan menjadi sangat digemari saat diperkenalkan di MTV. Popularitas musisi new wave semakin tinggi, saat mereka mulai sering tampil ditelevisi. New wave berbeda dari gerakan-gerakan lain yang memiliki hubungan dengan punk gelombang pertama, new wave lebih menampilkan karakteristik umum yang cenderung lebih pop. Meskipun menggabungkan banyak suara punk rock, namun new wave memiliki kompleksitas yang lebih besar dalam hal liriknya.

Karakteristik new wave selain dari pengaruh punk, juga tercipta dari penggunaan synthesizer dan alat musik moderen lainnya. Karena itu banyak instrumen yang digunakan dalam genre musik ini. Sayang, banyaknya instrumen tambahan justru membuat kunci asli genre ini mulai hilang pada akhir 1980-an. Perbedaan antara gelombang baru dan genre musik lainnya pun mulai kabur. New wave akhirnya menghilang secara tiba-tiba.

Tapi pada 1990-an genre ini kembali bangkit, setelah kemunculan beberapa artis baru yang berani untuk kembali menggunakan genre new wave. Hingga awal 2000-an new wave terus berusaha untuk memperkenalkan dirinya kembali, dan menjadi populer pada 2004. Secara tidak sadar, akhirnya banyak genre yang justru terpengaruh oleh new wave. Jika anda tertarik mempelajari genre yang kompleks ini, cobalah belajar memperdalam new wave.

Dengan kompleksitas instrumen yang mereka pakai, anda bisa memulainya dengan menggunakan alat musik sederhana, seperti keyboard. beli keyboard menjadi start terbaik untuk anda saat ini.