Pages

Tuesday, February 11, 2014

Jaya Suprana Dan Seni Musik

Nama Jaya Suprana sangat terkenl di Indonesia sebagai pendiri Museum Rekor Indonesia ( MURI ), sebuah lembaga yang mencatat prestasi superlatif anak bangsa. Ia juga dikenal sebagai pianis, komponis, public speaker, tv presenter, penulis, kartunis, humorolog, kelirumolog, filantropis, pemerhati masalah sosial, pengusaha dan budayawan.

Pria kelahiran Denpasar, Bali pada 27 Januari 1949 ini memiliki segudang prestasi dan memiliki kedekatan terhadap seni terutama seni musik. Ia pernah belajar musik di Sekolah Musik Hochschule, Muenster, Jerman pada tahun 1970 dan lulus dengan predikat terbaik. Maka tidak heran jika akhirnya Ia menjadi orang Asia pertama yang diangkat menjadi Kepala Sekolah Musik di Jerman.

Karya musiknya sudah sangat dikenal di luar negeri, lewat berbagai pagelaran seni musik di berbagai negara, yaitu di Jerman, Polandia, Belanda, Amerika Serikat, Australia, Spanyol, Selandia Baru, Austria , Jepang, Hongkong, Singapura, Srilanka, Bangladesh, Hungaria, Kenya, Aljazair. Kompilasi dari karya - karya musik Jaya Suprana tersebut diterbitkan oleh Yayasan Pendidikan Musik, Jakarta dalam bentuk album "The Complete Works of Jaya Suprana".

Kecintaan jaya Suprana terhadap seni musik memang tidak pernah lekang oleh waktu, hal ini dibuktikan pada perayaan ulang tahunnya yang ke -65, pada 27 Januari 2014 lalu, Ia menggelar pertunjukan dan komposisi musik berupa antologi 18 karya komposisi Untuk Ayla di Jaya Suprana School of Performing Art di Kelapa Gading, Jakarta Utara.